By using this site, you agree to the Privacy Policy and Terms of Use.
Accept
NetramediaNetramediaNetramedia
Notification Show More
Font ResizerAa
  • Home
  • Netranews
  • Netrasport
  • Netranomics
  • Netratech
  • Netraedu
Reading: Gubernur DKI Pastikan Dana Nasabah Bank DKI Aman Usai Gangguan Layanan
Font ResizerAa
NetramediaNetramedia
  • Home
  • Netranews
  • Netranomics
  • Netrasport
  • Netratech
  • Netraedu
Search
Have an existing account? Sign In
  • Contact
  • Contact
  • Contact
  • Blog
  • Blog
  • Blog
  • Complaint
  • Complaint
  • Complaint
  • Advertise
  • Advertise
  • Advertise
Netranews

Gubernur DKI Pastikan Dana Nasabah Bank DKI Aman Usai Gangguan Layanan

Rezy Rahmat
Last updated: April 8, 2025 12:32 pm
Rezy Rahmat
Published April 8, 2025
Foto: Gubernur DKI Jakarta Pramono Anung - Istimewa

Netra, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Pramono Anung angkat bicara terkait gangguan layanan pada aplikasi JakOne Mobile milik Bank DKI. Ia menegaskan bahwa dana nasabah tetap aman.

“Intinya kami memberikan jaminan kepada nasabah Bank DKI di mana saja, di cabang apa saja, dananya dijamin oleh Bank DKI. Memang kami sedang mendalami terutama hal yang berkaitan dengan IT,” kata Pramono di Balai Kota Jakarta, Selasa (8/4/25).

Menurut Pramono, pihaknya telah memanggil jajaran direksi Bank DKI untuk mengetahui secara rinci penyebab gangguan layanan. Ia menjadwalkan rapat terbatas dengan manajemen Bank DKI hari ini.

“Jadi saya dan Wagub sudah memanggil Direksi Bank DKI. Kami telah mempelajari, memahami secara detail apa yang terjadi di Bank DKI. Hari ini maka kami rapatkan,” ujarnya.

Ia menambahkan, setelah mendapatkan laporan dari jajaran direksi, pemerintah provinsi akan segera mengambil keputusan terkait persoalan tersebut.

“Saya dan Pak Wagub segera akan mengambil keputusan. Keputusanannya apa nanti setelah rapat dengan jajaran Bank DKI yang akan diadakan pada hari ini,” imbuhnya.

Sebelumnya, sejumlah nasabah Bank DKI mengeluhkan gangguan layanan yang terjadi sejak malam takbiran, 30 Maret 2025. Keluhan tersebut ramai disuarakan melalui media sosial X (sebelumnya Twitter).

“Hallo @bank_dki mau tanya… Saya kok nggak bisa transfer dan transaksi pakai Bank DKI sejak malam takbiran, ini kenapa ya min?” tulis akun @ndi*dy_, Rabu (2/4).

Sebagian nasabah juga menyatakan kekecewaan karena tidak dapat mengakses gaji dan Tunjangan Hari Raya (THR) yang telah diterima melalui Bank DKI.

“THR sama gaji turun tepat waktu, tapi nggak bisa diapa-apain. Keterlaluan banget. Masa harus nunggu sampai tanggal 5 (April)? Setelah tanggal 6, di tanggal 7 mau maintance lagi? Sumpah ini kalau bukan rekening gaji nggak akan saya gunakan. Dari dulu nggak beres pelayanannya,” ucap akun @jayoaw*n.

Menanggapi keluhan tersebut, Bank DKI menyampaikan permintaan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Bank juga memberikan panduan bagi nasabah yang ingin menyampaikan pengaduan.

“Anda dapat menghubungi call center Bank DKI di 1500-351, melalui kolom DM/kunjungi kantor cabang/kantor cabang pembantu terdekat yang beroperasi selama libur Lebaran untuk melakukan pengaduan,” tulis akun resmi @bank_dki.

Pihak manajemen Bank DKI menjelaskan bahwa gangguan layanan disebabkan oleh proses pemeliharaan sistem guna meningkatkan keamanan dan keandalan infrastruktur digital.

“Terkait dengan pemeliharaan sistem, Bank DKI menyampaikan bahwa pemeliharaan sistem tersebut dilakukan dengan tujuan untuk peningkatan keandalan serta penguatan keamanan sistem yang dimiliki,” ujar Manajemen Bank DKI.

Layanan Telah Kembali Normal

Saat ini, layanan transaksi antarbank melalui ATM Bank DKI telah beroperasi normal. Nasabah kembali dapat melakukan berbagai transaksi, mulai dari tarik tunai, cek saldo, transfer antarbank, hingga pembayaran tagihan.

Direktur Utama Bank DKI, Agus H. Widodo, turut menyampaikan permintaan maaf kepada nasabah dan berterima kasih atas kesabaran selama proses pemeliharaan berlangsung.

“Kami memahami bahwa aktivitas pemeliharaan sistem ini telah memberikan ketidaknyamanan bagi sebagian nasabah. Namun, hal ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk terus meningkatkan kenyamanan, keamanan, dan keandalan layanan digital Bank DKI,” ujar Agus dalam keterangan tertulis, Selasa (8/4/25).

Ia memastikan, selama proses tersebut berlangsung, keamanan data dan dana nasabah tetap menjadi prioritas utama. Setiap gangguan yang muncul pun telah ditangani secara optimal.

Bank DKI, lanjut Agus, juga rutin melakukan pemantauan dan pengujian sistem untuk menjaga stabilitas dan kelancaran layanan, termasuk layanan transaksi melalui jaringan ATM Bersama yang kini telah kembali aktif.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan Bank DKI Arie Rinaldi menyampaikan apresiasi atas kepercayaan nasabah dan mengimbau mereka yang masih mengalami kendala untuk melapor melalui call center atau kantor cabang terdekat.

Bank juga mengingatkan nasabah untuk selalu waspada terhadap potensi penipuan digital dan memastikan seluruh interaksi dilakukan melalui kanal resmi Bank DKI.

Related

You Might Also Like

Hasil Operasi Anti-Premanisme Polda Metro: 3.559 Diamankan, 348 Tersangka

Ajudan Diduga Lakukan Kekerasan pada Jurnalis, Kapolri Minta Maaf

39 Vila di Bogor Disegel, Diduga Langgar Aturan Daerah Aliran Sungai

Ada Rencana Digitalisasi Penyaluran Bansos, Kemensos Dukung

NasDem Tak Masuk Kabinet Padahal Sudah Gabung Koalisi, Ini Kata Surya Paloh

TAGGED:Bank DKIBank DKI GangguanGubernur JakartaPramono Anung
Leave a Comment

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow US

Find US on Social Medias
1.2kLike
2.1kFollow
1.1kFollow
Popular News
Netranews

WNI Ditangkap Aparat Arab Saudi di Makkah, Diduga Jual Jasa Haji Ilegal

Rivan Prasetyo
Rivan Prasetyo
April 18, 2025
PLN Beri Diskon Tambah Daya 50% hingga 23 Mei 2025, Ini Caranya
Pram Melayat ke Rumah Duka Brando Susanto yang Wafat di Halalbihalal PDIP
Kronologi Lengkap Pembunuhan Sadis di Banten: Wanita Hamil Dimutilasi Kekasih
Hadiri Panen Raya, Prabowo Serap Aspirasi Petani dari Berbagai Derah

Tentang Kami

[email protected]

Redaksi

© Netramedia. All Right Reserved.
Welcome Back!

Sign in to your account

Username or Email Address
Password

Lost your password?